Jurus Mazda Hadapi Pasar Mobil yang Sedang Tidak Baik-baik Saja

Wisnu Andebar - Rabu, 7 Agustus 2024 | 12:55 WIB

Pasar lesu, Mazda bakal ikut banyak pameran untuk merangsang pasar (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Menghadapi pasar yang tengah lesu, Mazda Indonesia ungkap strategi untuk bisa terus menggairahkan penjualan.

Banyak ikut pameran disebut menjadi jurus andalan Mazda dalam menyiasati kondisi pasar otomotif saat ini.

"Kalau dari kami banyak-banyak ikut pameran. Untuk 2024 ini kami sudah ikut GIIAS yang di Jakarta dan akan lanjut GIIAS The Series ke Surabaya, Bandung, dan Semarang," ujar Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) di Mazda Headquarter, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2024).

Selain itu, Mazda menyebut juga akan konsisten mengadakan pameran internal di mal yang ada di wilayah Jabodetabek dan luar kota.

Pramita Sari, Marketing and Communications General Manager EMI menyampaikan, melalui pameran, Mazda bisa lebih dekat dengan konsumen dan mengenalkan jajaran produknya.

"Jadi memang edukasi ke market itu perlu juga. Sehingga kami rasa harus konsisten ikut dan mengadakan pameran, jangan sampai putus," papar Mita.

Kalau melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pasar kendaraan roda empat di Indonesia pada semester satu 2024 mengalami penurunan dibanding tahun lalu

Penjualan mobil sepanjang Januari hingga Juni 2024 secara retail hanya membukukan 431.987 unit atau turun 14 persen.

Sebab jika dibanding periode yang sama pada 2023 meraih penjualan retail sebesar 502.533 unit.

Baca Juga: Bukan Hitam atau Silver, Ini Alasan Warna Merah Mazda Lebih Laris

Sementara kalau melihat performa penjualan mobil Mazda selama semester pertama 2024, secara retail berhasil meraih 2.183 unit.

Dibandingkan dengan perolehan periode yang sama pada tahun lalu sebanyak 2.250 unit, bisa dibilang mengalami sedikit penurunan atau cenderung stabil.