Biar Enggak Rugi, Ini Tips Supaya Penumpang Tak Ketinggalan Bus AKAP

Ferdian - Minggu, 4 Agustus 2024 | 14:30 WIB

Ilustrasi Bus AKAP (Ferdian - )

GridOto.com - Sepele tapi masih saja banyak yang mengalami namanya ketinggalan bus.

Namun tak hanya penumpang yang harus tepat waktu, kini Perusahaan Otobus (PO) juga turut memperbaiki kualitas pelayanannya.

Waktu keberangkatan bus AKAP kini jadi lebih pasti dengan batas keberangkatan tertulis di dalam tiket.

Sehingga, penumpang tidak akan dirugikan dengan waktu perjalanan yang molor karena menunggu penumpang lain.

Jadi konsekuiensinya, setiap penumpang harus datang tepat waktu di terminal sebelum jam keberangkatan agar tidak tertinggal bus.

Ajis, Sopir Bus Unicorn Indorent, mengatakan, untuk meminimalisasi risiko ditinggal bus, penumpang bisa mengatur rencana perjalanan dengan matang.

“Pertama, pilih terminal keberangkatan yang paling dekat dengan lokasi penginapan atau rumah, sehingga risiko terjebak macet di jalan menuju terminal menjadi lebih kecil,” ucap Ajis disitat dari Kompas.com (22/7/2024).

Ajis mengatakan terkadang perkiraan waktu perjalanan menjadi sangat tidak menentu bila terjebak macet.

Semakin jauh jaraknya maka semakin besar risikonya.

“Pahami hari-hari atau jam tertentu yang biasa terjadi macet, sehingga penumpang perlu menyediakan waktu cadangan lebih,” ucap Ajis.

Ajis juga mengatakan perusahaan atau agen tiket bus pasti akan meminta penumpang datang ke terminal keberangkatan 30 menit lebih awal.

“Cadangan waktu tersebut untuk mengantisipasi risiko keterlambatan, karena sudah menjadi aturan bahwa kami harus mentaati jam keberangkatan bus, bila lewat maka akan ditinggal dengan melakukan konfirmasi,” ucap Ajis.

Ia juga mengatakan bus dengan waktu keberangkatan pasti bisa jadi pilihan karena akan mempermudah penumpang dalam menyusun jadwal perjalanan.

Baca Juga: Ternyata Begini Hitung-hitungan Ganti Ban Bus AKAP, Sekali Beli Harga Setara Motor Baru!