Puluhan Bus Pariwisata Asal Solo Bakal Dikirim ke Kalimantan, Tujuan ke Proyek Kebanggaan Jokowi

Irsyaad W - Sabtu, 3 Agustus 2024 | 19:35 WIB

Ramp Check 36 unit bus Pariwisata di terminal Titonadi, Solo yang akan diberangkatkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan (Irsyaad W - )

GridOto.com - Belasan bus pariwisata asal Solo raya dan sekitarnya akan dikirim ke Kalimantan.

Tujuannya ke proyek kebanggaan presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelum diberangkatkan, 36 bus pariwisata tersebut menjalani ramp check di terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, (1/8/24).

Wassatpel Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono menjelaskan, ramp check bus dilakukan untuk menunjang mobilitas petugas dan tamu negara yang menghadiri upacara bendera di HUT ke-79 RI di IKN.

Bandiyono menjelaskan, ada dua lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan ramp check, yakni di Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta dan Terminal Tipe A Purabaya, Surabaya.

Sebanyak 20 bus dilakukan ramp check di Terminal Purabaya.

"Lokasinya ada 2, yakni di Solo dan Surabaya. Pelaksanaan ramp check mulai 31 Juli kemarin, dan hari ini 1 Agustus," ujar dia.

Ada tiga unsur yang diperiksa, yakni unsur administrasi yang meliputi STNK, SIM, Kartu Pengawasan (KP) dan Kartu Uji.

Kemudian unsur teknis utama yang meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan, pengukur kecepatan, penghapus kaca (wiper), dan tanggap darurat.

Ketiga unsur teknis penunjang, seperti ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pemecah kaca, alat pemadam api ringan, pembuka roda dan senter.