Jadi Tahu, Mobil Habis Ganti Kaca FIlm Boleh Dicuci Dengan Catatan Ini

Ferdian - Senin, 29 Juli 2024 | 17:00 WIB

Ilustrasi pasang kaca film pada mobil (Ferdian - )

GridOto.com - Jangan langgar aturan ini kalau tidak mau kaca film pada mobil yang baru diganti terpasang sempurna.

Seperti diketahui, kaca film pada mobil berguna untuk melindungi dari sinar matahari.

Selain itu meningkatkan privasi pengemudi dan penumpang di dalam.

Yang perlu jadi catatan, setelah pemasangan kaca film baru biasanya membutuhkan waktu untuk mengering sepenuhnya dan menyatu dengan kaca.

Selama menunggu proses perekatan kaca film, banyak beranggapan tidak boleh mencuci mobil karena berpotensi menyebabkan kaca film terkelupas atau mengalami kerusakan.

Nah kerap muncul anggapan cuci mobil setelah pasang kaca film dilarang, padahal itu hanya mitos.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group mengatakan, cuci mobil setelah pemasangan kaca film boleh saja dilakukan, tapi jangan sampai membersihkan bagian dalamnya.

“Setelah pemasangan kaca film boleh dilakukan cuci mobil tetapi tidak diperbolehkan untuk membersihkan kaca bagian dalam mobil yang tentu ada kaca film-nya,” kata Christopher disitat dari Kompas.com (29/7/2024).

Selain itu, Christopher juga mengatakan, yang paling penting setelah memasang kaca film adalah jangan menggunakan power window.

Selama tiga hari power window tidak digunakan, karena lem dari kaca film memerlukan pengeringan supaya bisa menempel dengan sempurna.

Jika lem tidak mengering dengan sempurna, maka bisa menggeser kaca film yang terpasang sehingga membuat pemiliknya rugi dan harus memperbaikinya lagi.

Baca Juga: Beli Kaca Film Mobil Jangan Ngasal, Salah Pilih Bisa Jadi Begini