Enggak Asal Kencang, Begini Cara Nilai Suara Kompetisi Audio Mobil ASC 2024

Radityo Herdianto - Sabtu, 27 Juli 2024 | 11:30 WIB

Enggak asal kencang, begini cara nilai suara kompetisi audio mobil ASC 2024. (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Sesi ketiga musim 2024 kompetisi audio mobil ASC (Amoplus Sound Competition) 2024 telah terlaksana di kota Semarang, Jawa Tengah pada pertengahan Juli lalu.

Pada kompetisi audio mobil ASC 2024 regulasi yang digunakan adalah dari asosiasi IASCA (International Auto Sound Challenge Association).

Regulasi IASCA yang digunakan dalam kompetisi audio mobil ASC 2024 sendiri merupakan asosiasi yang berasal dari Amerika Serikat sejak 1989.

Dalam regulasi ini yang diperhitungkan adalah nilai suara audio mobil dalam kelas SQ (Sound Quality) dan SQL (Sound Quality Loud).

"Musik yang digunakan IASCA berorientasi pada sektor tonal yang dominan," sebut Sudi Hamzah, juri kompetisi audio mobil ASC 2024.

"Memang tetap ada musik dengan genre teknikal dengan tempo dan instrumen yang padat untuk melihat kualitas garapan stagging sound," imbuhnya.

Dok. Istimewa
Pada kompetisi audio mobil ASC 2024 regulasi yang digunakan adalah dari asosiasi IASCA (International Auto Sound Challenge Association).

Baca Juga: Mulai Ban, Audio Sampai Oli Siap Serbu GIIAS 2024, Total Ratusan Produk

Terkhusus pada kelas SQL, ada pengukuran kualitas suara yang terambil dari SPL (Sound Pressure Loud).

Dalam kelas ini garapan audio mobil diperlukan perangkat subwoofer untuk mendapat pressure yang tepat namun tetap menjaga quality loud.

"Pertama diukur dulu SPL sistem audio mobil peserta, dua juri berdiri dengan jarak minimal 5 meter dengan alat dB meter," terang Sudi.

Lanjut Sudi, nantinya parameter SPL awal akan dinilai dalam batas 80 hingga 90 dB agar volume suara musik bisa tepat sebelum menilai lebih jauh SQL sistem audio mobil peserta.

"Teknisnya jumlah dB lingkungan ditambah maksimal dari 80 hingga 90 dB untuk disesuaikan volume audio mobilnya," tutur Sudi.

"Setelah itu pengukuran SQL kedua juri masuk ke dalam duduk berdampingan di bangku depan kiri dan kanan untuk menilai komposisi staging sound, akustik suara, sound imaging, staging sound, hingga tonal balance dengan parameter yang ditentukan sebagai penentu kualitas suara," jelasnya.