Nissan Kenalkan Teknologi ProPILOT Assist di Serena e-Power, Ini Fungsinya

Panji Nugraha - Senin, 22 Juli 2024 | 15:45 WIB

Nissan Serena e-POWER C28 mobil pertama menggunakan teknologi ProPILOT Assist di Indonesia (Panji Nugraha - )

GridOto.com - Momen pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) dijadikan PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memperkenalkan teknologi ProPILOT Assist ke pengunjung yang hadir di GIIAS 2024.

Teknologi ProPILOT Assist ini dikembangkan secara khusus oleh Nissan, untuk bantuan mengemudi yang dirancang penggunaan di jalan yang memiliki marka jelas.

Pihak Nissan mengklaim kalau mereka adalah produsen mobil pertama yang memperkenalkan teknologi pintar ini dengan sistem kombinasi kemudi, akselerasi, dan pengereman yang dapat membantu meringankan beban kerja pengendara.

Teknologi ProPILOT Assist memungkinkan secara otomatis mengendalikan kemudi, akselerasi, dan pengereman berdasarkan informasi dari kamera dan sensor perangkat lunak yang memvisualisasikan kondisi di sekitar kendaraan.

Fitur ini didukung penggunaan kamera ProPILOT Assist dapat mengenali dan memetakan secara tiga dimensi setiap objek, baik kendaraan maupun marka jalan, dengan cepat dan akurat.

Untuk cara kerja sistem ProPILOT Assist, memungkinkan kendaraan memahami situasi jalan dan lalu lintas serta membantu menjalankan kemudi secara presisi sehingga kendaraan berjalan secara alami dengan tetap menganalisis keamanan dan keselamatan situasi sekitar.

Nissan
Teknologi ProPILOT Assist mampu melakukan maping lingkungan sekitar mulai dari kecepatan 30-120 km/jam

Penggunaan fitur ini juga diklaim sangat mudah, karena bisa dioperasikan lewat tombol yang terdapat pada setir, sehingga dengan mudah bisa mengaktifkan dan menonaktifkan.

Dengan ProPILOT Assist bisa mendukung keamanan berkendara karena dapat menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan dalam rentang kecepatan mulai 30 km/jam hingga 120 km/jam.

Secara detail, fungsi utama dari ProPILOT Assist seperti yang sudah disematkan pada All New Nissan Serena e-POWER: mengontrol kecepatan secara otomatis pada kecepatan yang telah ditentukan atau diatur sebelumnya, mengontrol akselerasi dan pengereman untuk menjaga jarak aman dari mobil di depan, dan menjaga mobil tetap berada di tengah lajur berkendara, baik di jalan lurus maupun saat melewati tikungan.