Resmi Hyundai Produksi All new Kona Electric, Pakai Baterai Lokal

M. Adam Samudra - Selasa, 16 Juli 2024 | 13:38 WIB

President of Hyundai Motor Asia Pacific Sunny KIM melakukan tanda tangan di All New Hyundai Kona Electric (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) resmi memproduksi All New Kona Electric pertama dengan Baterai buatan lokal di Cikarang, Selasa (16/7/2024).

Produksi All new Kona Electric pun langsung dihadiri oleh President of Hyundai Motor Asia Pacific Sunny Kim dan Bupati Bekasi.

"All New Kona Electric merupakan EV pertama di Indonesia yang benar-benar diproduksi melalui seluruh rantai nilai produksi EV, mulai dari Sel Baterai, paket baterai hingga kendaraan yang sudah jadi," kata Kim di Bekasi, Selasa (16/7/2024).

Menurut Kim, dengan kehadiran All new Kona Electric bertujuan untuk memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin global dalan produksi EV.

"Mobil baru ini adalah EV pertama Hyundai yang menggunakan bukan hanya baterai buatan Indonesia namun juga ditenagai oleh baterai sel buatan lokal," ucapnya.

Untuk diketahui, pabrik sel baterai terbesar se-Asia Tenggara yang berada di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Fasilitas pembuatan baterai kendaraan listrik ini dimiliki oleh perusahaan patungan antara Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution, yaitu PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power.

Sekadar informasi, All-new Kona Electric dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti Hyundai SmartSense dan Hyundai Bluelink.

Adam Samudra
PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) resmi memproduksi All New Kona Electronic

Sebagai tambahan, ada fitur View Around My Vehicle pada Hyundai Bluelink.

Baca Juga: Baterai dan Produksi Dilokalkan, Hyundai Rencanakan Ekspor Kona Electric

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat visual kendaraan secara 360 derajat saat kendaraan sedang dalam keadaan mati.

Sama seperti IONIQ 5 dan IONIQ 6, all-new Kona Electric juga punya fitur Vehicle-to-Load (V2L) outdoor maupun indoor yang memungkinkan mobil berfungsi menjadi pengisi daya listrik dalam perjalanan.