Puluhan Pelek Mobil Nyaris Terkubur, Ini Update Terbaru Soal Tebing Tol Bintaro Longsor

M. Adam Samudra - Minggu, 7 Juli 2024 | 08:00 WIB

Tebing di exit Tol Vetaran Bintaro, tepatnya Jalan Mulya Bakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan mengalami longsor (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Tebing di exit Tol Vetaran Bintaro, tepatnya Jalan Mulya Bakti, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan mengalami longsor hingga tak bisa dilewati kendaraan karena tertutup longsor.

Longsor terjadi menjelang sore hari pada Sabtu (6/7/2024).

Menanggapi kejadian longsor tersebut, Alvin Andituahta Singarimbun selaku Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan pun berikan penjelasan.

Ia mengatakan Jasa Marga melalui Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) segera tiba di lokasi longsor dan melakukan penanganan.

"Tim JMTO kami segera melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan sementara lajur satu dan bahu luar untuk mengurangi beban pada lereng yang mengalami longsor," kata Alvin kepada GridOto.com, Minggu (7/7/2024).

Ia mengklaim bahwa tim JMTM melakukan pembersihan puing longsoran di Jl. Mulia Bakti agar dapat kembali berfungsi optimal.

"Longsor diduga terjadi akibat curah hujan tinggi dan menyebabkan rembesan air dari saluran samping jalan ke dalam tanah sehingga mendorong tanah dan menyebabkan longsor," paparnya.

Baca Juga: Kehabisan Bensin di Tol Cigombong, Motoris Pertamina Siap Suplai

Sebagai upaya penanganan sementara, dilakukan pemasangan cerucuk untuk memperkuat dinding penahan.

Hal ini dilakukan agar mencegah tanah kembali longsor sampai dengan dilakukannya perbaikan permanen.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut," ucapnya.

Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi arah perjalanan dan tidak melalui lokasi kejadian untuk menghindari kepadatan.

Seperti video yang diposting oleh @infobintaro.id, terjadi longsor di Pinggir Ruas Tol Bintaro tepatnya dekat komplek Hankam, Bintaro Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Akibat tanah yang longsor ini, terlihat longosorannya nyaris mengubur puluhan pelek mobil yang dijajarkan di lokasi perkara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Bintaro (@infobintaro.id)