Penyakit Pemilik Mobil Listrik Mulai Hilang, Toyota Obati Dengan Resmikan Satu Lagi Alat Ini

Wisnu Andebar - Sabtu, 6 Juli 2024 | 12:15 WIB

Toyota tambah charging station di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas charging station, kali ini berlokasi di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, pada Jumat (5/7/2024).

Adapun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik tersebut diberi nama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot oleh Toyota.

Dengan diresmikannya fasilitas terbaru ini, menambah jumlah total Ultra Fast Charging (UFC) spot Toyota menjadi 4 titik.

Sebelumnya, fasilitas serupa telah hadir di beberapa area publik dengan lokasi strategis yaitu di ASHTA Mall Jakarta, Rest Area KM 456A, dan Rest Area KM 695A.

Selain di area publik tersebut, ada juga 111 dealer dengan charging spot termasuk 3 yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Banda Aceh.

Dengan total 115 titik di dealer dan area publik, pengguna Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota dapat berkendara tanpa khawatir daya baterai habis di jalan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety.

Range anxiety ini bisa dibilang jadi "penyakit" bagi pemilik mobil listrik, yaitu rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan.

"Kami akan terus menghadirkan fasilitas charging spot di berbagai lokasi strategis untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan kendaraan elektrifikasi kami," ujar Anton dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, dari total 111 charging spot di dealer resmi Toyota, 85 di antaranya adi di Pulau Jawa, 16 di Pulau Sumatera, 1 di Pulau Kalimantan, 7 di Pulau Sulawesi, dan 2 di Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Soal Kasus Pecah Ban Dunlop Innova Zenix, TMMIN Bilang Begini

Jumlah tersebut sudah mencakup 34 persen dari total 329 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia. 

Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW, sementara DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW tersedia di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul Yogyakarta, Nasmoco Majapahit Semarang, dan 150 kW di Dunia Barusa, Banda Aceh.

Rencananya, Toyota akan terus menambah fasilitas charging spot di banyak area lain, mengingat antusiasme masyarakat yang kian meningkat seiring semakin populernya xEV Toyota.

Untuk menunjang mobilitas antar kota pelanggan serta menambah daya jelajah BEV dan PHEV lebih jauh lagi lagi, Toyota mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa.

Fasilitas yang disediakan berupa 1 unit Ultra Fast Charging yang dilengkapi 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota.