Membuktikan Apakah Fitur X-MODE Subaru Hanya Sekadar Gimmick?

Trybowo Laksono - Sabtu, 22 Juni 2024 | 16:47 WIB

Membuktikan efektivitas fitur X-MODE langsung di medan off-road (Trybowo Laksono - )

GridOto.com - Teknologi gerak semua roda Subaru, Subaru Symmetrical All Wheel Drive telah dilengkapi fitur X-MODE yang diklaim mampu meningkatkan kapabilitas off-road produk Subaru. Benarkah klaim itu atau hanya sekadar gimmick?
 
Untuk itu kami perlu membuktikan efektivitas fitur X-MODE di Sirkuit Off-road Pagedangan, Banten, melalui event Subaru X-MODE Xperience  (21-22/6).
 
X-MODE sendiri adalah fitur dengan orientasi off-road yang terintegrasi dengan Symmetrical All Wheel Drive (S-AWD) di mobil-mobil Subaru.
 
Dirancang untuk menangani medan berat, fitur X-MODE punya 2 pilihan mode yakni Snow-Dirt dan Deep Snow-Mud.
 
Subaru Indonesia
X-MODE punya 2 pilihan mode: Snow-Dirt dan Deep Snow-Mud
Baca Juga: Jangan Macam-macam Nyetir Subaru Outback Kalau Enggak Mau Dibawelin
 
Saat bekerja, ada 5 hal yang diatur oleh X-MODE yaitu Engine Throttle Response, Transmission, All-Wheel Drive system (AWD), Vehicle Dynamic Control (VDC), dan Hill Descent Control (HDC).
 
Respons mesin misalnya, saat mobil melintas di permukaan sangat licin seperti lumpur, mesin akan memberi torsi secara bertahap meski gas ditekan penuh agar roda mendapat traksi yang cukup.
 
Pun ketika di tanjakan curam, X-MODE akan membuat transmisi CVT tetap berputar di rasio rendah, tujuannya agar daya tetap terjaga.
 
Hasilnya, dari 3 mobil Subaru yang jadi unit tes yakni Crosstrek, Forester, dan Outback, ketiganya mampu menunjukkan keluwesan menaklukkan medan berat.
 
 
Subaru Indonesia
Saat di turunan curam, HDC membatasi laju mobil di 19 km/jam
Baca Juga: Seboros Apa Konsumsi Bahan Bakar Subaru Outback 2.5i-Touring?
 
Ketika Forester menghadapi turunan curam, Hill Descent Control (HDC) mengatur rem secara otomatis sehingga laju mobil lebih terkendali dan pengemudi bisa lebih fokus pada kemudi.
 
Pun saat Crosstrek melewati gundukan tanah yang tinggi hingga membuat roda menggantung (kehilangan traksi), X-MODE mengontrol Vehicle Dynamic Control agar lebih reponsif melakukan pengereman pada roda yang menggantung dan mengalihkan tenaga ke roda yang punya traksi.
 
Trybowo Laksono/GridOto.com
Roda yang kehilangan traksi bahkan menggantung tidak masalah bagi fitur X-MODE
 
Asyiknya, semua kemampuan itu dicapai dengan kondisi mobil yang sepenuhnya standar termasuk ban yang digunakan.
 
Sepertinya gerak semua roda S-AWD dan fitur X-MODE bisa menjadi value penting bagi produk Subaru mengingat lini produknya punya harga lumayan.
 
Paling murah Subaru Crosstrek harganya Rp 549,5 juta, sedangkan Subaru Forester Rp 659,5 juta, dan Subaru Outback Rp 809,5 juta.