Usik Rasa Aman, Menanti Keterbukaan Toyota Dan Dunlop Atas Kasus Ban Pecah

Iday - Sabtu, 22 Juni 2024 | 16:00 WIB

Tangkapan gambar video petugas Tol Desari yang membantu pengguna Toyota Kijang Innova Zenix ban robek. (Iday - )

 

Gridoto.com - Kasus pecahnya ban bawaan Innova Zenix yang diposting akun Facebook Facebook Toyota Kijang Innova Zenix/Hybrid Fans & Owners rupanya menuai banyak respons netizen. 

Apalagi belakangan diketahui, bukan hanya terjadi pada kasus yang diposting akun Evi Liana tersebut tetapi juga menimpa beberapa pemakai Innova Zenix lain. 

Termasuk diakui perwakilan dari produsen ban, kasus ini pernah terjadi di model dan merek lain yakni Fortuner dan Pajero Sport. 

Plus pengakuan netizen yang dituangkan ke dalam kolom komentar baik di Facebook maupun Instagram ketika Gridoto.com merepost kasus tersebut. 

Tentu suara tersebut tidak mewakili konsumen, juga tak bisa diambil menjadi dasar kesimpulan apa penyebabnya.

Namun dengan mengangkat kasus yang melibatkan brand lain, dalam hal ini Dunlop sebagai suplier ban Zenix V dan Q, membuka mata kita bahwa ada sisi lain dari produk yang perlu dicermati. 

Bahkan, meminjam pernyataan pabrikan Toyota, perlu diinvestigasi. 

"Perlu diinvestigasi kejadiannya seperti apa. TMMIN bersama PT Toyota Astra Motor (TAM), dealer dan tire maker bersama-sama melakukan analisa teknis dan melakukan investigasi atas kasus ini," ujar Bob Azam, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia kepada GridOto.com (21/6).

Fakta-fakta dari investigasi tersebut diperlukan sebagai upaya mengurangi kerugian konsumen jika ditemukan ada kekurangan dari produk. 

Sebaliknya, fakta-fakta diperlukan sebagai bahan untuk dikomunikasikan kepada publik bahwa ada yang perlu diperhatikan oleh para pengguna.

Tinggal sekarang, menarik mencermati apa yang akan dilakukan Toyota dan Dunlop pascainvestigasi. 

Akankah publik kelak tahu hasilnya atau diam-diam, pabrikan melakukan mitigasi untuk menuntaskan permasalahan ini. 

Sebab bagaimanapun kasus ini telah mengusik rasa aman di kalangan pengguna. Sehingga tepat jika produsen kendaraan dan ban sama-sama mengembalikan rasa aman tersebut. 

Ingat, di balik slogan Safe is Fun dari Dunlop, safety is a must...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GridOto (@gridoto)