‘Kebohongan’ Hyundai Soal Klaim Topspeed IONIQ 5 N

Trybowo Laksono - Minggu, 9 Juni 2024 | 21:20 WIB

Hyundai IONIQ 5 N saat diuji di Taean Driving Experience (Trybowo Laksono - )

GridOto.com - Hyundai menyebut mobil kencang elektris mereka, IONIQ 5 N, bisa berlari hingga kecepatan maksimal 260 km/jam.
 
Data itu terlampir di literatur resmi termasuk yang ada di laman www.hyundai-n.com tentang spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N.
 
Sebenarnya klaim topspeed itu masuk akal mengingat Hyundai IONIQ 5 N sangat bertenaga dengan 2 motor listrik yang disandangnya. 
 
Di poros depan, motor listrik IONIQ 5 N merilis 238 PS sementara di belakang 412 PS.
 
Jika ditotal tenaga maksimal IONIQ 5 mencapai 650 PS dan itu setara dengan supercar kontemporer seperti Lamborghini Huracan Tecnica (639 PS).
 
Namun saat kami berpartisipasi dalam event 2024 Pan-ASEAN N Day, di Taean Driving Experience, Korea Selatan (17/5), klaim itu terbukti salah.
 
Di salah satu sesi yang obyektifnya adalah menunjukkan kecepatan maksimum IONIQ 5, EV satu-satunya di jajaran Hyundai N itu mampu berlari lebih dari 260 km/jam.
 
Persisnya di angka 266 km/jam.
 
Trybowo Laksono/GridOto.com
Topspeed Hyundai IONIQ 5 N di angka 266 km/jam
Baca Juga: Spek Gila Hyundai IONIQ 5 N, Tenaganya Lebih Besar Dari Lamborghini
 
Figur itu jelas sangat kencang, dan membuat klaim topspeed Hyundai IONIQ 5 N seperti sebuah ‘kebohongan’ nan rendah hati.
 
Gilanya, topspeed itu dicapai dengan 4 orang penumpang di mobil.
 
Artinya, beban tambahan 3 orang penumpang selain pengemudi, tidak menghambat laju IONIQ 5 N untuk meraih kecepatan maksimal yang bahkan lebih cepat dari klaim.
 
Luar biasa.