Investasi Rp 2,9 Triliun, Daihatsu Upgrade Pabriknya Jadi Lebih Canggih dan Ramah Lingkungan

Wisnu Andebar - Jumat, 7 Oktober 2022 | 20:04 WIB

Pabrik Daihatsu Karawang mendapatkan sejumlah pembaruan (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan pembaruan fasilitas produksi pabrik Karawang, Jawa Barat, dan akan mulai beroperasi pada Desember 2024 mendatang.

Pabrik perakitan Daihatsu Karawang ini nantinya bakal menggantikan lini produksi di Sunter, Jakarta Utara guna meningkatkan efisiensi dan daya saing dengan teknologi terkini, serta memenuhi target karbon netral.

Presiden Direktur ADM, Yasushi Kyoda mengatakan, pembaruan ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah Indonesia atas komitmennya terhadap kelestarian lingkungan.

"Kami berharap komitmen ini dapat berjalan dengan lancar, dan mendapatkan dukungan positif dari seluruh pihak terkait,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Jumat (7/10/2022).

Adapun pabrik yang dibangun dengan nilai investasi Rp 2,9 triliun ini akan mengadopsi konsep Simple, Slim, Compact (SCC).

Fasilitas ini dapat memenuhi berbagai aspek dalam melakukan aktivitas produksi kendaraan.

Seperti fasilitas produksi yang modern, lingkungan dan tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, serta kualitas dan tingkat pengiriman yang lebih cepat.

Untuk meningkatkan produktivitas, ADM akan memasang teknologi produksi modern di pabrik seluas 940.012 meter persegi tersebut.

Di antaranya perluasan otomatisasi titik pengelasan, peningkatan efisiensi pengecatan, proses perakitan ergonomis, dan operasional logistik yang lebih baik.

Baca Juga: Siapkan Dana Lebih, Harga Daihatsu Sigra, Ayla, Gran Max, dan Luxio Naik Per Oktober 2022

Sehingga melalui fasilitas baru ini, ADM dapat menyediakan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan harga terjangkau.

Selain itu, pabrik yang memiliki kapasitas produksi 140 ribu unit per tahun ini berkomitmen melakukan berbagai upaya pengurangan emisi karbon.

Antara lain pemasangan sekitar 3.600 panel surya yang dapat menghasilkan daya listrik hingga 2.100 kW, pemanfaatan energi terbarukan, dan ventilasi panas alami.

Melalui spesifikasi tersebut, pembangkit ini dapat mengurangi kadar emisi sekitar 20 persen dibandingkan kondisi saat ini.

Sebagai informasi, ADM telah berdiri selama 44 tahun sejak 1978, dan telah berhasil mempertahankan posisi kedua penjualan otomotif di Indonesia selama 13 tahun berturut-turut sejak 2009.

Dengan meningkatnya permintaan kendaraan oleh pelanggan, ADM juga terus berkomitmen untuk harmonisasi dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia.