Pasar Otomotif 2019 Lesu, Penjualan Kaca Film 3M Justru Naik

Wisnu Andebar - Selasa, 24 Desember 2019 | 07:26 WIB

Kaca film 3M (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Meski pasar otomotif di Indonesia sepanjang 2019 turun, namun penjualan PT Dharmesta Swasti Mandiri sebagai distributor OEM 3M AutoFilm sepanjang 2019 diklaim meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Dibandingkan 2018 secara keseluruhan penjualan 3M AutoFilm untuk OEM naik sedikit sekitar 5 persen, namun ada perbedaan peningkatan di bulan tertentu," kata Andrew Benyamin, Product Specialist Auto Film Division PT Dharmesta Swasti Mandiri kepada GridOto.com di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/12/2019).

Ia menjelaskan, kalau di 2018 puncak penjualan tertinggi ada di bulan Juli dan Agustus, pada 2019 sedikit berbeda ada di Agustus dan September.

(Baca Juga: Menjelang Akhir Tahun, Penjualan Kaca Film 3M Meningkat)

Dari seluruh penjualan 3M AutoFilm untuk OEM kaca film berbagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil di Indonesia, segmen premium lah yang paling diminati.

"70 persen itu penggunanya mobil kelas premium," ungkapnya.

"30 persennya kelas menengah, maksudnya ketika mereka punya budget pas tapi mengerti spesifikasi, dia pasang full Black Beauty," sambung Andrew.

Kalau mobil yang kelasnya premium, menurut dia, pasti menggunakan Crystalline.

(Baca Juga: Nih Kisaran Harga Paket Kaca Film 3M Buat Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza)

"Atau bisa juga campur, depan pakai Crystalline samping dan belakang pakai Black Beauty," ujar dia.

Selain menjual secara retail melalui dealer resmi, PT Dharmesta Swasti Mandiri mengkhususkan diri sebagai distributor OEM kaca film dari berbagai APM di Indonesia.

Mulai Toyota, Honda, Daihatsu, Mazda, Suzuki, Lexus, BMW, Mercedes-Benz.