Bukan Buat Gaya-gayaan, Ini Fungsi Penting Steering Damper pada Motor

Luthfi Anshori - Senin, 6 November 2017 | 06:00 WIB

Steering damper biasanya diaplikasi pada moge (Luthfi Anshori - )

GridOto.com - Pernah dengar istiah steering damper? Itu lho semacam sokbreker kecil yang dipasang antara sasis ke unit sok depan pada motor berkapasitas mesin besar.

Kira-kira fungsi steering damper tersebut untuk apa ya? Apakah hanya untuk gaya-gayaan?.

Ternyata enggak sob.

Dijelaskan Acho Patauri, selaku Marketing dari Ohlins Indonesia, steering damper berfungsi memberi kestabilan lebih saat motor melaju pada kecepatan tinggi, terutama saat tikungan.

"Fungsinya untuk memberikan kestabilan motor ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Seperti misalnya pada MotoGP, ketika melewati tikungan, ban depan pasti sedikit "ngangkat" dan bergesekan, pada saat itulah steering damper bekerja, agar pengendalian motor tidak terlalu liar," ucap Acho kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

(BACA JUGA: Ini Dia Rencana Musuh Besar Valentino Rossi Bersama Timnya Untuk Tahun Depan)

Masih menurut Acho, untuk motor harian tidak terlalu perlu menggunakan steering damper.

"Karena medannya kan berbeda dengan balapan, kalau motor harian kan pasti jarang atau tidak pernah melewati tikungan dalam kecepatan tinggi," pungkas pria yang akrab disapa Acho Bule ini.

Kendati tidak banyak jenis motor yang menggunakan peranti ini, beberapa motor produksi massal ada yang sudah dibekali steering damper.

Contohnya seperti Kawasaki ZX-6R.